KANWIL Agama NTT Gelar Orientasi Pelopor Penguatan Moderasi Beragama

EL- Voice.com Kupang 10, Juni 2022 bertempat di ruangan Tablolong hotel kristal. Kegiatan orientasi pelopor penguatan moderasi beragama yang di selenggarakan oleh kantor wilayah kementerian agama provinsi Nusa Tenggara Timur sejak 09 – 11 Mei.

 

Kegiatan yang berlangsung selama tingga hari dan akan di lakukan penutupan pada tanggal 11 Juni nanatinya. Peserta yang ikut berpartisipasi pada kegitan ini berasal dari berbagai daerah yang ada di provinsi Nusantara Tentang Timur.

 

Respon sangat baik dari semua peserta yang turut hadir pada kegiatan ini. kegiatan moderasi beragama, yang di lakukan untuk seluruh elemen tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh wanita, serta para pemuda dan ASN dari kementerian agama.

Para pastor dan pendeta serta tokoh agama lainya juga mengambil bagian dari kegiatan ini. Kegiatan serupa sering dilakukan pada setiap wilayah dan dengan jangka waktu empat sampai tujuh hari namun KANWIL Provinsi NTT Memilih untuk melakukannya selama tiga hari.

 

H.Hasan Manuk selalu Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Timur berharap setelah kegiatan ini ada sikap lebih dalam kehidupan yang beragama dan tidak menghasilkan hal-hal yang sifatnya memeca bela bangsa. Sebab hal demikian tidak diharapkan ada di negeri ini. Kegiatan ini merupakan kegiatan lintas iman yang di lakukan dengan tujuan yang baik untuk menjaga dan merawat toleransi yang ada di NTT.

 

Toleransi menjadi garda terdepan dalam keragaman terutama dalam kehidupan. Saling menghargai baik itu budaya lokal, dan sifat saling menghargai sesama dalam kehidupan sehari-hari dan juga prinsip dalam kebersamaan menjadi hal yang utama dalam hidup. jika semunya berjalan dengan baik maka terwujud kehidupan toleransi yang baik. Terpenting adalah kita semua bersama dalam persoalan sosial dan kemanusiaan sekalipun kita beda dalam ibadah ujar Hasan. (DL)