Jelang Pemilu Serentak 2024, Polres Belu Gelar Simulasi Sispamkota

  • Bagikan

EL-VOICE.COM,ATAMBUA- Menjelang penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2024 mendatang, Polres Belu menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di lapangan umum Atambua, depan Kantor Mall pLaza perizinan,Jumat (13/10/2023).

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Belu, AKBP Richardo Natalldo Davallas simanjuntak,mengatakan, simulasi Sispamkota ini dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas pada tahapan Pemilu 2024.

Baca Juga:  2 Jurnalis Di keroyok sejumlah orang saat sedang liputan

“Simulasi ini menggambarkan kesiapan personel beserta sarana dan prasarana, manakala terjadi situasi kontijensi agar dapat segera diantisipasi secara bersinergi oleh perkuatan TNI-Polri bersama instansi terkait pemerintah daerah dengan cepat dan tepat,” ujar Richo.

Dalam simulasi Sispamkota ini digambarkan situasi kontijensi yang diasumsikan penanganan dan pengamanan beberapa kejadian.

Yaitu seperti penanganan sewaktu masa menolak salah satu calon kepala daerah melakukan kampanye, perusakan alat peraga kampanye, unjuk rasa di TPS, massa salah satu partai melakukan unjuk rasa.

Baca Juga:  Kapolres Belu : Pemimpin itu Jangan Buta dan Tuli,Turun Lihat,Dengar dan Laksanakan

Rangkaian adegan diperagakan penanganan situasi oleh tim negosiator, penggunaan personel Dalmas awal, pengaturan arus lalu lintas, eskalasi meningkat ditambah dengan aksi anarkis, peragaan Dalmas lanjut dan penggunaan kendaraan taktis Armored Water Cannon (AWC), mengamankan provokator aksi unras, pembubaran massa oleh Tim Raimas, ditutup dengan evakuasi korban oleh tim medis Seksi Dokkes Polres Belu.

Baca Juga:  Wujudkan Kamtibmas Yang Kondusif,Polres Belu Gandeng Ormas Sobat,IKS-PI dan PSHT melaksanakan pengamanan di sejumlah objek wisata

Simulasi Sispamkota ini disaksikan oleh jajaran Forkopimda, personel Brimob serta undangan lainnya.(Haman)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *