Menu

Mode Gelap
 

Daerah · 12 Nov 2022 04:43 WIB ·

PIPS UNDANA Gelar Workshop Penulisan Karya Ilmiah Untuk Para Guru di Kota Soe


					PIPS UNDANA Gelar Workshop Penulisan Karya Ilmiah Untuk Para Guru di Kota Soe Perbesar

EL-VOICE.COM, TTS- Progran Studi (Prodi) Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Universitas Nusa Cendana (UNDANA) Kupang, gelar Kegaitan Workshop Penulisan Karya Ilmiah di Kota Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Kegiatan tersebut bermaksud untuk meningkatkan kompetensi akademik menulis ilmiah.

Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari yakni tanggal 11 dan 12 November 2022 ,bertempat di Aula Lantai 3 Hotel Bahagia Dua-Soe yang melibatkan para mahasiswa, alumni PIPS, para dosen UNDANA, dan juga para guru yang ada di wilayah Kabupaten TTS.

Hamzah Hurik, Ketua Prodi PIPS kepada media ini menjelaskan bahwa kegaitan ini dilakukan secara terencana dan berjalan dengan baik. “Kegaitan ini berjalan dengan baik. Mulai dari awal perkenalan, pemaparan materi terkait metodologi penulisan karya ilmiah, sampai acara penutupan semuanya berjalan dengan baik. Semuanya bisa baik karena memang direncanakan.” Katanya

Baca Juga:  Begini Pengakuan Orang Dekat Tentang Sosok Alm. Petrus Naet, Korban Lakalantas

Di dalam pemaparan materi terkait penulisan karya ilmiah adapun beberapa hal substantif yang dipaparkan yakni definisi, syarat atau indikator sebuah karya tulis tergolong ilmiah, jenis-jenis karya tulis ilmiah, struktur sebuah karya ilmiah, langkah-langkah menulis hingga beberapa tips penting penulisan karya ilmiah.

Terkait dengan penyelenggaraan kegiatan ini , Hamzah berterima kasih kepada Pemerintah Daerah (Pemda) TTS, para alumni PIPS, para guru, dosen dan juga mahasiswa yang telah mendukung keberlangsungan kegiatan tersebut.

“ Kita berterima kasih kepada Pemda TTS atas segala dukungan, mulai dari tempat, waktu dan juga para gurunya yang turut ambil bagian dalam kegiatan ini, juga para alumni PIPS, para guru, dosen dan juga mahasiswa yang telah mendukung kegiatan ini” kata Hamzah
Hamzah juga mengajak kepada para guru dan peserta yang turut hadir untuk terus belajar belajar menulus.

Baca Juga:  Dukung Pembangunan Gereja, Anggota Yonif RK 744/SYB Pos Latustus dan Camat Nanaet Duabesi Ikut kerja Bakti

“Belajar itu tidak mengenal usia dan juga waktu. Belajar penting bagi hidup manusia. Untuk itu mari kita belajar, mungkin kita bisa mulai dari apa yang sudah kami berikan yakni perihal teknis penulisan artikel ilmiah. Ya, kalau ada bapak ibu yang buat artikel tersebut nanti bisa kita terbitkan pada jurnal ilmiah prodi kami. Intinya mari kita belajar dan teruslah belajar,” ajak Hamzah

Baca Juga:  Jokowi: Pilih Pemimpin Yang Memikirkan Rakyat

Ia juga berharap kepada peserta agar selalu menumbuhkan sikap ilmiah lewat kebiasaan membaca, bersikap kritis terhadap pelbagai isu atau wacana dan berani menyuarakan pemikiran atau aspirasi dalam bentuk tulisan.

“Seorang penulis yang baik sudah tentu memiliki sikap dan kultur ilmiah yang baik. Kultur ilmiah itu nampak dalam kebiasaan membaca karena menulis tanpa membaca adalah tidak mungkin. Sikap ilmiah juga nampak dalam sikap kritis terhadap pelbagai wacana, memiliki rasa ingin tahu yang besar serta berani menyampaikan kebenaran lewat aspirasi atau kebenaran pribadi,” kata Hamzah. (DL)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Enam Anggota FORSA IMADAR Ikut Berkompetisi Pada Pilkades di Kabupaten Malaka

29 November 2022 - 14:57 WIB

IMADAR Kefamenanu Lantik 44 Anggota Baru

27 November 2022 - 15:08 WIB

Jokowi: Pilih Pemimpin Yang Memikirkan Rakyat

26 November 2022 - 14:16 WIB

Polres Belu Bagi Puluhan Paket Sembako untuk Masyarakat Sambil Sosialisasi Program Sahabat Polres Belu

26 November 2022 - 11:27 WIB

Luar Biasa! Kapolri Akhirnya Keluarkan Layanan Pengaduan Masyarakat Pada Seluruh Jajaran Polri

25 November 2022 - 11:57 WIB

Silahturahmi ke Markas Perguruan IKS Cabang Belu, Kapolres Ajak Kerja sama dalam Menjaga Kamtibmas

25 November 2022 - 05:28 WIB

Trending di Daerah