Hadir Dalam Acara peresmian Rumah Adat di Bakustulama, Ini Yang Diampaikan IPDA Sam Ihim

  • Bagikan
(IPDA Sam Ihim, Kapolsek Tasifeto Barat Saat Mengikuti Acara Peresmian Rumah Adat/Foto: Haman)

EL-VOICE. COM, BELU- Hadir dalam acara peresmian Rumah Adat  (Mayor dan Kiseha)  di Desa Bakustulama, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu, Rabu(26/11/2022), Kapolsek Tasifeto Barat IPDA Sam Ihim, S.IK, mewakili Polres Belu mengingatkan kepada Kepala suku dan Para Tokoh Adat Mayor dan Kiseha Desa Bakustulama, Kecamatan Tasifeto Barat untuk menjaga dan melestarikan tradisi, nilai-nilai luhur, dan kearifan lokal yang dimiliki

“Kita tahu bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan adalah negara-bangsa yang memiliki kekayaan dan keragaman budaya nusantara dan kini telah menjadi daya tarik tersendiri di mata dunia. Oleh karena itu, tradisi, nilai-nilai luhur, dan kearifan lokal yang dimiliki dan dihidupi bersama secara turun-temurun ini harus dijaga karena merupakan bagian dari identitas kolektif atau jati diri suatu bangsa,” Kata IPDA Sam

Baca Juga:  Kodim 1605 Belu Bagi Sembako dan Gelar Vaksinasi Masal

Menurut IPDA Sam, kebudayaan memiliki peran dan fungsi yang sentral dan mendasar sebagai landasan utama dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara karena suatu bangsa akan menjadi besar jika nilai-nilai kebudayaan telah mengakar (deep-rooted) dalam sendi kehidupan masyarakat. Seperti sopan santun, kerja sama, tolong menolong dan lain sebagainya.

Ia juga menginginkan agar peristiwa peresmian rumah adat ini dapat dijadikan momen untuk menaikkan citra dari pada masyarakat  Suku Mayor dan Kiseha di  Kabupaten Belu dan NTT, sekaligus juga kesempatan untuk menghidupkan  nilai-nilai fundamental yang telah diwariskan para leluhur.

Baca Juga:  Kecamatan Insana Gelar pameran ekonomi Kreatif dan Edukatif
(Pelaksanaan Ritual Peresmian Rumah Adat/ Foto: Haman)

“ Saya ingin agar peristiwa peresmian rumah adat ini tidak hanya sebagai perayaan ritual semata tetapi dapat dijadikan momen untuk menaikkan citra dari pada masyarakat  Suku Mayor dan Kiseha di  Kabupaten Belu dan NTT, sekaligus juga kesempatan untuk menghidupkan  nilai-nilai fundamental yang telah diwariskan para leluhur baik itu, nilai sosial dan juga moral demi persatuan dan kebaikan bersama di dalam hidup bermasyarakat,” Kata IPDA Sam

Baca Juga:  KASAD Jendral TNI Dr. Dudung Abdurachman Kunjungi dan Resmikan Mesjid AL-Adiyat, Kompi Kavaleri Belu

Menanggapi hal itu, Ketua  Suku mayor, Stefanus Atok Bau menyampaikan ucapan terima kasih kepada kapolres Belu yang diwakili kapolsek Tasbar atas dukungan dan partisipasi dalam meresmikan rumah adat Mayor dan Kiseha.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan dari kapolsek Tasbar dan koramil 1605 Halilulik yang telah mendukung kami dan ikut berpartisipasi dalam acara peresmian rumah adat,” ungkap Stefanus Atok Bau.

Diketahui hadir dalam giat tersebut, Batitut Koramil 1605: Halilukik, Tarsisius Bage Luon, Kapolsek Tasifeto Barat, Ipda Sam Ihim, para Tokoh Adat dan masyarakat Suku Mayor dan Kiseha. (Haman)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *