Menu

Mode Gelap
 

Daerah · 24 Okt 2022 11:13 WIB ·

Gubernur VBL : Kecerdasan Seseorang Menjadi Berguna Jika Digunakan Untuk Kebaikan Bersama


					(Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat Memberikan Materi Dalam Seminar) Perbesar

(Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat Memberikan Materi Dalam Seminar)

EL-VOICE.COM, SBD- Kecerdasan menjadi salah satu aspek penting bagi keberlangsungan dan kesejahteraan hidup masyarakat. Oleh karena itu kecerdasan yang dimiliki oleh seseorang harus mampu digunakan untuk membawa manfaat selain bagi dirinya, orang lain dan juga tentu untuk pembangunan daerah. Demikian dikatakan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) dalam acara Seminar Sehari dengan tema “Pengembangan Pendidikan Dalam Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Sumba Barat Daya” yang dilaksanakan di Yayasan Tunas Timur Kabupaten Sumba Barat Daya, Minggu (23/10/22)

Di hadapan para peserta seminar, ia juga memberikan contoh bagaimana kecerdasan dapat dimanfaatkan untuk kebaikan bersama.

“Misalnya siswa SMK Pertanian itu bukan hanya pintar membaca dan menghafal ilmu pertanian saja namun harus mengaplikasikannya dengan baik di lapangan. Mulai dari pengamatan potensi lahan, komoditi yang bisa ditanam, pemilihan benih, proses tanam, pemupukan, antisipasi hama, ketersiadaan air, hingga panen dan bisa dijual untuk mendatangkan manfaat ekonomis. Tidak hanya itu saja tetapi ilmu pertanian yang dia miliki juga dishare kepada orang lain juga untuk melakukannya. Maka itu yang kita maksudkan sebagai kecerdasan yang berguna untuk diri sendiri dan orang lain,” ungkap VBL

Baca Juga:  IMADAR Kefamenanu Lantik 44 Anggota Baru

Ia menambahkan, berbicara kepintaran atau kecerdasan bukan saja datang dari sekolah formal ataupun membaca buku saja, namun juga dengan aktivitas kita berdiskusi dengan orang lain yang ditemui seperti petani, kepala desa, perawat, dokter, peternak dan dari situ juga kita mendapatkan ilmu dengan transfer knowledge secara langsung dari orang lain.

Dalam kesempatan itu juga, Gubernur VBL menjelaskan pendidikan yang baik harus dapat mencetak manusia unggul dengan kecerdasan, kepedulian dan keberanian dan juga memiliki daya tahan akan tekanan, masalah atau kesulitan yang dihadapi.

“Bila seseorang punya kecerdasan yang baik maka harus juga dibekali dengan kepedulian untuk membangun orang lain dan juga keberanian mengambil keputusan dengan menghadirkan berbagai kreativitas. Bila sudah punya semua itu maka ia dapat membangun dirinya sendiri dan ikut serta membangun orang lain dan daerah,” kata Gubernur.

Baca Juga:  Pilgub 2024 Partai Hanura NTT, Tetap jagokan Laiskodat.

 

Di tempat yang sama Gubernur juga menekankan pada kualitas guru dalam memberikan pengajaran bagi siswa.

“Kita jangan hanya ingin punya gedung sekolah yang bagus, namun kualitas guru juga harus diperhatikan. Karena keberhasilan siswa dalam menempuh bangku pendidikan juga sangat dipengaruhi guru-guru yang hebat dan cerdas serta mampu mentransfer ilmu dengan baik kepada siswanya,” tambahnya.

“Di Sumba Barat Daya ini banyak lahan yang bisa dimanfaatkan untuk pertanian. Bila terus dikerjakan dengan baik maka dapat membawa manfaat besar bagi masyarakat. Kita lihat dari Program Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS) itu membawa keuntungan ekonomis yang tinggi bagi para petani,” ujar beliau.

Baca Juga:  Bupati Belu: Pers Harus Punya Etika dan Moral yang Baik.

Sementara itu, Ketua Umum Yayasan Tunas Timur Soleman Lende Dappa menjelaskan manfaat pendidikan akan berimbas pada peningkatan kapasitas SDM.

“Pendidikan ini juga tolak ukur dari Indeks Pembangunan Manusia dan juga mendorong peningkatan sumber daya manusia,” ujar Soleman.

Menurut Soleman terdapat 2 strategi yang dapat digunakan dalam mengatasi kemiskinan yakni 1. Menurunkan beban pengeluaran masyarakat diantaranya dengan meningkatkan akses layanan masyarakat. 2) Meningkatkan pendapatan masyarakat dengan menciptakan lapangan kerja, dan pemberdayan masyarakat.

(Penyerahan Surat Ijin Operasional oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT)

Dalam Seminar tersebut juga dilaksanakan Penyerahan Surat Ijin Operasional 6 Sekolah (3 SMA dan 3 SMK) oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT kepada 6 Kepala Sekolah yang diwakili oleh Ketua Umum Umum Yayasan Tunas Timur, serta Penyerahan Sertifikat Tanah Yayasan oleh Kepala Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Sumba Barat Daya kepada Ketua Umum Yayasan Tunas Timur. (EL) 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 42 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Enam Anggota FORSA IMADAR Ikut Berkompetisi Pada Pilkades di Kabupaten Malaka

29 November 2022 - 14:57 WIB

IMADAR Kefamenanu Lantik 44 Anggota Baru

27 November 2022 - 15:08 WIB

Jokowi: Pilih Pemimpin Yang Memikirkan Rakyat

26 November 2022 - 14:16 WIB

Polres Belu Bagi Puluhan Paket Sembako untuk Masyarakat Sambil Sosialisasi Program Sahabat Polres Belu

26 November 2022 - 11:27 WIB

Luar Biasa! Kapolri Akhirnya Keluarkan Layanan Pengaduan Masyarakat Pada Seluruh Jajaran Polri

25 November 2022 - 11:57 WIB

Silahturahmi ke Markas Perguruan IKS Cabang Belu, Kapolres Ajak Kerja sama dalam Menjaga Kamtibmas

25 November 2022 - 05:28 WIB

Trending di Daerah