Menu

Mode Gelap
 

Daerah · 9 Sep 2022 00:48 WIB ·

Kampus Politeknik Negeri Kupang Gelar Kegiatan Grand Launching Wirausaha Merdeka


					Kampus Politeknik Negeri Kupang Gelar Kegiatan Grand Launching Wirausaha Merdeka Perbesar

EL-VOICE.COM, KUPANG- Kampus Poiliteknik Negeri Kupang menjadi salah satu dari tujuh belas (17) Perguruan Tinggi pelaksana terpilih dari seluruh kampus di Indonesia dan menjadi satu-satunya PT pelaksana di Indonesia Timur yang berhak menjadi penyelenggara program Wirausaha Merdeka dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Kegiatan Grand Launching Wirausaha Merdeka di selenggarakan di Auditorium Kampus Politeknik Negeri Kupang, acara tersebut di buka oleh Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat yang diwakili oleh Kepala Bidang Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi di dampingi Direktur Politeknik Negeri Kupang, Frans Mangngi, ST., M.Eng dan Wakil Bupati Kabupaten Kupang Jerry Manafe, S.H., M.Th., serta beberapa Rektor dari perwakilan kampus-kampus yang hadir pada kegiatan tersebut, Kamis, 08/09/22.

Terdapat kampus-kampus yang saat ini berkolaborasi pada program ini adalah Universitas Nusa Cendana, Universitas Pendidikan Guru 45, Akademi Pariwisata Kupang, Universitas Kristen Artha Wacana, Universitas Muhamadiyah, Politeknik Pertanian Negeri Kupang, dan Universitas Timor.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, menjadi pemateri pertama pada Grand Launching Wira Usaha Mereka tersebut secara daring.

Sandiaga Uno saat membuka materinya, diawali dengan sebuah pantun yang berbunyi, “Olah raga pagi naik sepeda, mampir membeli pisang keju, mari kita wirausaha yang merdeka, demi Indonesia yang lebih maju.”

Sandiaga Uno menyampaikan bahwa, terdapat beberapa kriteria menjadi pengusaha sukses yaitu, inovatif, adaptif dan kolaboratif, selalu mengambil resiko, selalu bersilaturahim menjalin relasi dan networking, memiliki soft skill yang terus di asah dan prinsip kerja cerdas, kerja keras, kerja tuntas dan kerja ikhlas.

Baca Juga:  BBM Subsidi Naik, PMKRI; Berantas Mafia Migas!

Adapun nama program yang diusung oleh Inkubator Bisnis Politeknik Negeri Kupang adalah START UP MERDEKA TUMBUH DAN TANGGUH, dengan bertemakan Explosion of Entrepreneurship. Program Wirausaha Merdeka dilaksanakan untuk menjadi wahana peningkatan mutu pendidikan tinggi dengan memfasilitasi, mendorong, mempercepat Perguruan Tinggi mencapai tujuannya yang tercermin dalam 8 (delapan) Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi (IKU PT) yang ditetapkan pada Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 754/P/2020 tentang IKU PTN dan LLDIKTI di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020, khususnya untuk Program Wirausaha Merdeka terkait dengan: (IKU-1) Aspek peningkatan kualitas lulusan yaitu kesiapan kerja lulusan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak/berwirausaha setelah menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi dan (IKU-2) Aspek peningkatan kualitas mahasiswa yaitu dukungan dan apresiasi terhadap mahasiswa untuk bisa belajar dan berprestasi dalam kegiatan di luar kampus.

Wirausaha Merdeka adalah bagian dari program MBKM yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri menjadi calon entrepreneur melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan.

Program Start Up Merdeka Tumbuh dan tangguh dari PNK ini mengajak para mahasiswa dari berbagai kampus di NTT untuk berkolaborasi, beraksi, dan berbakti untuk negeri dalam perkembangan ekonomi masyarakat Indonesia.

Baca Juga:  KOMPAK Indonesia Siap Kawal Kasus Rumah Sakit Modern TTU

1001 Mahasiswa yang telah terpilih melalui seleksi pada program ini diharapkan dapat menjadi agen perubahan (agent of change) yang membantu meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat dan menjadi agen penggerak (agent of driven) dalam memberikan solusi inovasi untuk membuka lapangan pekerjaan melalui peluang dan perkembangan bisnis mahasiswa, serta menjadi agen pelopor (agent of creator) untuk menumbuhkan potensi kewirausahaan baru di Indonesia.

Dengan mengikuti kegiatan Wirausaha Merdeka Tahun 2022 di Politeknik Negeri Kupang, mahasiswa akan memilikikesempatan untuk mengasah jiwa kewirausahaan, soft skills, dan manajerial, serta mendorong peningkatan pengalaman wirausaha mahasiswa dan peningkatan kemampuan daya kerja mahasiswa yang dapat diakui dan disetarakan dalam bentuk Satuan Kredit Semester (SKS) sebanyak 20.

Program Wirausaha Merdeka berfokus pada mahasiswa yang memiliki passion dan potensi meningkatkan kapasitas entrepreneur dan daya saing di bursa kerja.

Selain itu, program ini bertujuan antara lain;

1. Membentuk dan menanamkan mindset dan kompetensi dasar di bidang kewirausahaan bagi mahasiswa;

2. Memberikan peningkatan pengalaman wirausaha mahasiswa baik melalui kegiatan seminar, pembelajaran dikelas, kunjungan UMKM, Kunjungan Industri dan Magang;

3. Meningkatkan kemampuan daya kerja mahasiswa;

4. Mengembangkan wawasan dan mengasah keterampilan berpikir dalam bekerja bersama lintas bidang ilmu dan ragam asal mahasiswa dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi;

Baca Juga:  PADMA Indonesia Desak Pemerintah Perhatikan Eksodan Pejuang Integrasi Timor-Timur

5. Memberi manfaat bagi mahasiswa untuk mengasah jiwa kewirausahaan, soft skills, dan manajerial dalam berinovasi dan berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan wirausaha di Perguruan Tinggi;

6. Penguatan metode pengembangan kewirausahaan bagi mahasiswa di Perguruan Tinggi;

7. Membantu meningkatkan kapasitas dan kualitas lulusan Perguruan Tinggi;

8. Membantu mengurangi potensi tingkat pengangguran terdidik dari Perguruan Tinggi;

9. Memberikan fasilitas bagi mahasiswa untuk memperoleh tempat pendidikan dan pengalaman berwirausaha yang berkualitas, yang layak diberikan kredit maksimal 20 SKS;

10. Meningkatkan peran dan kontribusi nyata Perguruan Tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional.

Dengan demikian, sangat diharapkan melalui program ini dapat menumbuhkan start up-start up baru yang tangguh, mampu berinovasi di NTT dan tangguh ke depannya serta berdampak bagi Bangsa.

Melalui program ini juga kampus PNK dapat mengembangkan model pengembangan kewirausahaan yang inovatif dan kreatif sehingga dapat menjadi acuan bagi PT lainnya serta memberi inspirasi praktik terbaik (best practice) yang dapat membantu pencapaian (IKU-1) yaitu aspek peningkatan kualitas lulusan dalam kesiapan kerja lulusan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak /berwirausaha setelah menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi dan capaian (IKU-2) yaitu aspek peningkatan kualitas mahasiswa berupa dukungan dan apresiasi terhadap mahasiswa untuk belajar dan berprestasi dalam kegiatan luar kampus. (EL)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 70 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Begini Tanggapan PADMA Indonesia Atas Mangkirnya Tersangka PLT BPBP dari Panggilan Kejaksaa Flores Timur

30 September 2022 - 06:15 WIB

DUA KALI ADIK PEREMPUANKU DICULIK, DISEKAP DI GEDUNG DPRD, PELAKU MASIH BEBAS KELIARAN. APA AKU HARUS BERHENTI JADI PENGACARA?

28 September 2022 - 17:50 WIB

Gelar Demonstrasi di PLN So’e, Pospera Desak Pemerataan Listrik di TTS

26 September 2022 - 06:56 WIB

Gelar Demonstrasi di PLN So’e, Pospera Desak Pemerataan Listrik di TTS

26 September 2022 - 05:01 WIB

Komisi II DPRD Kabupaten Lembata Pantau Proyek Pembangunan Infrastruktur di Kota Lewoleba

21 September 2022 - 01:57 WIB

Untuk Meriahkan BKSN, Paroki Roh Kudus Halilulik Selenggarakan Aneka Perlombaan

20 September 2022 - 11:38 WIB

Trending di Daerah