Menu

Mode Gelap
 

Daerah · 24 Jul 2022 12:40 WIB ·

Jelang Pilkades Serentak di TTS, Pospera: Harus Jujur, Adil, dan Bermartabat


					(Ketua DPC Pospera TTS, Yerim Yos Fallo/ist) Perbesar

(Ketua DPC Pospera TTS, Yerim Yos Fallo/ist)

El-VOICE.COM, TTS – Kontestasi pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur yang sempat dibatalkan pada 17 Juni 2022 lalu, pada akhirnya akan digelar pada Senin, 25 Juli 2022 secara serentak. Sebanyak 137 desa di TTS akan menggelar Pilkades.

Ketua DPC Posko Perjuangan Rakyat Timor Tengah Selatan (Pospera TTS), Yerim Yos Fallo menghimbau agar semua proses Pilkades 2022 di TTS harus berjalan secara jujur, adil, dan bermartabat,” katanya, Minggu, 24 Juli 2022.

“Diwajibkan kepada Semua penyelenggara agar mendukung dan menyelesaikan proses pemilihan kepala desa tanpa Kecurangan,” harap Yerim Yos Fallo, mantan Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Perwakilan Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga:  Polda NTT Koordinasi Pembentukan Polsubsektor Nanaet Duabesi

Tokoh muda TTS itu menegaskan agar para penyelenggara tidak boleh melakukan perbuatan curang agar proses demokrasi pemilihan kepala desa dapat berjalan dengan baik dan aman.

Dirinya berharap kepada pemerintah agar meminimalisir kebijakan yang salah seperti pilkades terdahulu yg berujung gugatan ke PTUN,” imbuhnya.

“Jika semua proses sudah berjalan dengan baik dan sudah pleno penetapan harus diakomodir sesuai keputusan pleno, jangan membuat keputusan lain yang berujung gugatan,” jelas Fallo.

Ia mencontohkan Desa Bileon (pada Pilkades sebelumnya- red) bahwasanya putusan PTUN mengabulkan gugatan kepala desa terpilih dan mengalahkan keputusan bupati.

Baca Juga:  Cegah Stunting, Ini Langkah Strategis yang Dilakukan Kades Oebobo, TTS

Oleh sebab itu, lanjut Yerim Yos Fallo, hal itu juga mencoreng nama baik dan mencoreng proses demokrasi yang sudah berjalan baik di tingkat desa sesuai tahapan penyelenggaraan pemilihan kepala desa.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Panitia Pilkades Desa Eonbesi, Tonny Sonbaifeto mengatakan pihaknya sedang melakukan persiapan-persiapan menjelang Pilkades serentak 2022 yang akan datang.

“Persiapan panitia untuk acara debat kandidat memang kami sudah persiapkan dari awal, dimulai dari kegiatan bimbingan teknis di kecamatan,” katanya kepada wartawan.

Panitia juga sudah mengajukan permohonan (terkait debat kandidat) ke Dinas PMD TTS dan ternyata juga direspon baik oleh semua pihak. Oleh karena, itu kami panitia mencoba dan berusaha agar bisa terlaksana.

Baca Juga:  Rebuilding Your Career Toolkit to Meet the Needs of Employers

“Yang telah kami lakukan untuk kegiatan ini, kami bersosialisasi menjelang Pilkades kepada kandidat dan juga ke masyarakat ,” jelas Tonny.

Tonny Sonbaifeto berharap, semoga kepanitiaannya bisa menjadi pembelajaran untuk Pilkades berikut. Ia optimis, pihaknya meningkatkan kinerjanya dalam menyukseskan Pilkades yang akan datang.

Ia menambahkan, DPT (daftar pemilih tetap) yang ada pada Desa Eonbesi sebanyak 1.411 pemilih serta sebanyak 5 kandidat atau calon kepala Desa Eonbesi, Kecamatan Mollo Utara, Kabupaten Timor Tengah Selatan. (EB)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 36 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Begini Tanggapan PADMA Indonesia Atas Mangkirnya Tersangka PLT BPBP dari Panggilan Kejaksaa Flores Timur

30 September 2022 - 06:15 WIB

DUA KALI ADIK PEREMPUANKU DICULIK, DISEKAP DI GEDUNG DPRD, PELAKU MASIH BEBAS KELIARAN. APA AKU HARUS BERHENTI JADI PENGACARA?

28 September 2022 - 17:50 WIB

Gelar Demonstrasi di PLN So’e, Pospera Desak Pemerataan Listrik di TTS

26 September 2022 - 06:56 WIB

Gelar Demonstrasi di PLN So’e, Pospera Desak Pemerataan Listrik di TTS

26 September 2022 - 05:01 WIB

Komisi II DPRD Kabupaten Lembata Pantau Proyek Pembangunan Infrastruktur di Kota Lewoleba

21 September 2022 - 01:57 WIB

Untuk Meriahkan BKSN, Paroki Roh Kudus Halilulik Selenggarakan Aneka Perlombaan

20 September 2022 - 11:38 WIB

Trending di Daerah