Menu

Mode Gelap
 

Daerah · 27 Jun 2022 05:29 WIB ·

Farrah Anifa : Berobat gratis cukup mengunakan kartu jaminan kesehatan


					Farrah Anifa Biat (22) merupakan seorang mahasiswa yang sudah terdaftar menjadi peserta (Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).(foto portalntt.com) Perbesar

Farrah Anifa Biat (22) merupakan seorang mahasiswa yang sudah terdaftar menjadi peserta (Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).(foto portalntt.com)

EL-VOICE.COM, KOTA KUPANG – Farrah Anifa Biat (22) merupakan seorang mahasiswa yang sudah terdaftar menjadi peserta (Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Ia telah merasakan manfaat dari menjadi anggota peserta JKN yang berdomisili di kelurahan Penkase Oeleta kecamatan Alak Kota Kupang.

“Saya telah menjadi peserta jaminan kesehatan nasional (JKN) sejak SMA dan telah menggunakan kartu JKN untuk berobat di beberapa rumah sakit dan juga puskesmas. Saya merasakan manfaat menggunakan kartu JKN. Pada tahun 2019 saya merasakan perut saya sakit dan kepala saya agak pusing dan juga rasa mual. Kemudian saya di bawa ke rumah sakit Wirasakti dan di rawat inap selama  1 minggu karena sakit lambung. Saya juga di beri beberapa obat oleh dokter,” kata Farrah mengenang saat Ia menggunkan kartu JKN untuk membiayai pengobatannya.

Baca Juga:  Kodim 1605 Belu Bagi Sembako dan Gelar Vaksinasi Masal

Dan pada tahun 2020 bulan desember lanjut Farrah, Ia kembali jatuh sakit. Perutnya terasa sangat sakit dan Ia terus merasa harus buang air kecil.

“Lambung saya juga kembali sakit dan saya di bawah lagi ke rumah sakit kemudian harus di rawat inap. Saat itu saya di rawat inap pada rumah sakit Bhayangkara selama 3 hari.

Baca Juga:  Sitting Through a Movie in Comfort

Karena perut saya yang sangat sakit saya di anjurkan untuk melakukan pemeriksaan laboratorium agar dokter mengetahui penyakit saya lebih lanjut dan dapat diobati dengan semestinya. Setelah melakukan pemeriksaan laboratorium saya perlu menunggu tidak sampai 24 jam , Hasil dari pemeriksaan laboratorium adalah saya mengidap infeksi saluran kencing. Namun saya beruntung sekali karena saya telah memiliki kartu JKN dengan berobat menggunakan kartu JKN saya bisa sembuh dan tidak mengeluarkan biaya pengobatan sepeserpun dari dari dompet saya,” kenang Farrah.

Baca Juga:  Julio Do Carmo Minta Polres Belu Serius dan Profesional dalam Menangani Kasus Pencemaran Nama Baik

Diakuinya berobat menggunakan kartu Peserta JKN di puskesmas atau rumah sakit tidak dibedakan dengan pasien lainnya. Semuanya sama dan intinya mengikuti ketentuan prosedur yang berlaku.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah dan BPJS Kesehatan  yang telah menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk saya dan banyak masyarakat lainya. Untuk membantu dalam hal pemeriksaan kesehatan dan berobat di puskesmas atau rumah sakit tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun,” ucap Farrah.(***)

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 78 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Begini Tanggapan PADMA Indonesia Atas Mangkirnya Tersangka PLT BPBP dari Panggilan Kejaksaa Flores Timur

30 September 2022 - 06:15 WIB

Gelar Demonstrasi di PLN So’e, Pospera Desak Pemerataan Listrik di TTS

26 September 2022 - 06:56 WIB

Gelar Demonstrasi di PLN So’e, Pospera Desak Pemerataan Listrik di TTS

26 September 2022 - 05:01 WIB

Komisi II DPRD Kabupaten Lembata Pantau Proyek Pembangunan Infrastruktur di Kota Lewoleba

21 September 2022 - 01:57 WIB

Untuk Meriahkan BKSN, Paroki Roh Kudus Halilulik Selenggarakan Aneka Perlombaan

20 September 2022 - 11:38 WIB

Persab Belu Tumbang dari Persami Maumere

19 September 2022 - 03:23 WIB

Trending di Daerah