sobat : kondisi pasar baru atambua sangat jorok dan Bau

  • Bagikan

EL-VOICE. COM-BELU- Sebanyak 50 anggota Organisasi Solidaritas Anak Belu Bersatu (SOBAT),melakukan aksi bersih sampah di pasar baru atambua Kelurahan Beirafu, Kabupaten Belu,jumat(3/6/2022).

Mereka mulai melakukan kegiatan Bersih Bersih mulai dari pukul 05.00 WIT sampai selesai.

Dari amatan di lapangan, aksi bersih bersih ini dilakukan secara manual Menggunakan sarung tangan, alat penjepit sampah dan karung, mereka berjalan dari rumah ke rumah menyisiri gang-gang sempit hingga saluran air.

Advent Paijo Atok,selaku ketua solidaritas anak Belu Bersatu menjelaskan kegiatan itu bertujuan mengedukasi masyarakat yang masih tidak peduli dengan sampah. Sampah masih dibiarkan dan tidak dibuang di tempat sampah yang sudah disiapkan.

Baca Juga:  Meat Shortages Mean It’s Time to Try Plant-Based Protein

“Kami ingin memberikan dampak yang berarti bagi kelestarian lingkungan sekitar. Aksi ini selain mendukung menciptakan lingkungan yang bersih kami juga mengajak masyarakat untuk hidup sehat”.ungkap Advent.

menurut Adven,sehat itu bukan hanya sebatas wacana namun harus di dukung dengan kesadaran setiap orang untuk dapat terjun langsung untuk melakukan aksi nyata.

Terpisah,Koordinator umum Sobat, Dedi neta menjelaskan, kita harus mencintai lingkungan kita melalui aksi bersih dan menyadarkan kepada masyarakat agar terbiasa untuk membuang sampah pada tempatnya.

Baca Juga:  Jokowi resmi melantik Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI

” Hal yang paling sulit adalah menyadarkan masyarakat terkait pentingnya hidup bersih dan sehat dengan membuang sampah pada tempatnya. Dimulai dari diri kita sendiri, baru berangkat ke rumah tangga dan lingkungan sekitar,”jelasnya.

Ditambahkannya, pemda harus memasang plang imbauan larangan di kawasan Pasar agar warga jangan membuang sampah di tempat itu lagi, karena di tempat tersebut bukan lah tempat pembuangan sampah (TPS).

Baca Juga:  Ini Yang Dilakukan Kapolsek Tasbar Pada pertandingan Babak 8 Besar Turnamen A.A Bere Tallo Memorial Cup

menurutnya, Meski hampir setiap hari sampah diangkut petugas, namun sampah tetap menumpuk di lokasi tersebut. Bau busuk dari sampah semakin memperparah situasi di sekitar pasar sehingga menggangu aktivitas pasar tersebut.

“Pemerintah daerah harus menyediakan bak sampah Yang layak di sepanjang kisaran pasar baru sehingga sampah sampah itu tidak berserakan sembarangan,Karena bak sampah Yang ada sekarang ini tidak layak untuk menampung sampah Yang bgtu banyak. Apalagi ini kawasan pasar, jadi otomatis bak sampah Yang kecil begini tdk bisa menampung”ungkapnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *