Berobat Gratis, Sangat Mudah dan Tidak Ribet Hanya Mengunakan Kartu JKN-KIS

  • Bagikan

EL-VOICE. COM, KOTA KUPANG- Maria A.D Waynira (24) merupakan seorang peserta Jaminan Kesehatan Nasioanal – kartu indonesia sehat (JKN – KIS) yang telah merasakan manfaat dari Program Jaminan Kesehatan ini. Perempuan yang berasal dari Kota Kupang ini menceritakan pengalamannya dalam menggunakan JKN – KIS.

“Saya sudah menjadi peserta JKN-KIS sejak tahun 2015 dan saya telah menggunakan kartu JKN-KIS untuk berobat di Puskesmas Sikumana tempat saya terdaftar dan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Dengan menggunakan kartu JKN-KIS saya berobat tanpa mengeluarkan biaya pengobatan sepeserpun. Pelayanan yang di dapat di Puskesmas Sikumana sangat baik. Mulai dari petugas administrasi sampai dengan dokter semua melayani saya dengan baik dan ramah sama dengan pasien umum lainnya,” ujar Maria kepada tim Jamkesnews, Selasa (24/05).

Baca Juga:  Begini Ungkapan Hati Anastasia, Pembuat Kain Adat yang Dipakai Jokowi

Ia juga menuturkan bahwa ia juga seringkali menggunakan JKN – KIS ketika kondisinya badannya tidak sehat dan menceritakan prosedur pelayanan saat ia mendapatkan layanan di salah satu Puskesmas di Kota Kupang.

Maria A. D. Waynira, peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (Portalntt.com)

“Saya sering berobat ke Puskesmas karena keluhan saya merasa tidak enak badan, perut sakit, demam, batuk , pilek dan juga saya sakit lambung. Di sana saya pertama ke tempat loket untuk mengambil nomor antrean setelah itu petugas meminta kartu JKN-KIS saya dan mendaftarkan saya sebagai pasien rawat jalan. Kemudian saya ditensi oleh petugas dan setelah diperiksa, dokter membuat resep obat untuk saya. Obatnya pun diambil di apotik yang sudah disediakan di dalam Puskesmas dan semua tanpa adanya iur biaya,” ceritanya.

Baca Juga:  Terhitung Sejak 28 April 2022, Ekspor Minyak Goreng Dilarang Oleh Pemerintah

Menurut Maria berobat menggunakan kartu JKN-KIS sangat mudah dan tidak ribet. Semua dilayani dengan baik.

“Kartu JKN-KIS sangat membantu masyarakat yang berkesulitan dalam keuangan untuk bisa berobat secara gratis tanpa dipungut biaya .saya merasakan begitu besar manfaat menjadi anggota peserta JKN – KIS. Saya bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah dan juga kepada BPJS Kesehatan yang telah membantu melalui JKN – KIS,” ungkapnya. (ai/sw)(*)

Baca Juga:  Terkait Nasib Tenaga Honorer 2023, Ini Yang Dibahas Menpan RB Bersama DPR

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *