Menu

Mode Gelap
 

Daerah · 23 Mei 2022 14:20 WIB ·

Gabriel Goa: Masyarakat Lembata Patut Berterima kasih Kepada Dr. Thomas Ola Langoday


					Gabriel Goa: Masyarakat Lembata Patut Berterima kasih Kepada  Dr. Thomas Ola Langoday Perbesar

EL-VOICE.COM, LEMBATA- Masyarakat Lembata patut berterima kasih kepada Thomas Ola Langoday, Mantan Bupati Lembata Periode 2017-2022, demikian ajakan Gabriel Goa, Ketua Dewan Penasihat Lembaga PADMA Indonesia (Pelayanan Advokasi untuk Keadilan dan Perdamaian Indonesia), dan Direktur IRCI (Institute for Research, Consultation and Information of International Investment) untuk seluruh masyarakat Lembata melalui rilis yang diterima Media El-Voice. Com, Sabtu (21/05/2022).

Menurut Gabriel, Thomas patut diberikan ucapan terima kasih karena telah menorehkan sejarah baru bagi Kabupaten Lembata.

“Ama Thomas telah menoreh sejarah baru bagi Kabupaten Lembata dengan dikeluarkannya Surat Keputusan (SK) terkait nama-nama jalan di Lembata untuk menghormati para  Tokoh Pejuang Lembata seperti Brigjen Pol Purn Anton Enga Tifaona, Betekeneng dan Sarabiti. Meskipun jalan itu belum dihotmix namun apa yang dilakukan Ama Thomas itu luar biasa.” Tulis Gabriel

Gabriel menjelaskan, keputusan yang telah dibuat Thomas merupakan implementasi diri dari seorang Thomas Ola yang pada satu sisi sebagai pemimpin (Bupati) tetapi pada sisi lain sebagai seorang akademisi yang mestinya terus didukung.

Baca Juga:  BEM FKM Undana : soal Iuran Ikoma, Apakah harus Demo ?

“ Ama  Thomas itu tidak hanya dikenal orang sebagai Bupati tetapi juga seorang akademisi hebat. Kebijakan yang telah dibuatnya (pemberian nama-nama jalan untuk para Tokoh Pejuang Lembata) sejatinya mau menunjukkan kepada publik akan profesionalitas perannya sebagai seorang pemimpin sekaligus juga seorang  ‘guru’ yang peduli pada sejarah. Ya, karena dengan apa yang dilakukannya mengingatkan dan mengajarkan kepada masyarakat akan pentingnya sebuah sejarah. Karena orang pasti akan bertanya dan mencari jawaban. Di situ sebenarnya  mereka akan belajar tidak hanya untuk tahu tentang  ‘siapa’ tetapi juga tentang ‘apa’. Ya, apa saja yang istimewa dari para tokoh itu. Dan itu mestinya didukung.” tulis Gabriel

Gabriel  juga menyampaikan Proficiat kepada Marsianus Jawa yang telah ditunjuk sebagai PLT Bupati Lembata 2022-2024. Ia berharap, dengan jabatan yang diembannya, Marsianus  dapat mempromosikan  Kabupaten Lembata menjadi Destinasi Pariwisata Bahari Premium yang bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta diaspora orang Lembata yang tersebar di seluruh dunia.

Gabriel Goa Ketua Dewan Penasihat Lembaga PADMA Indonesia dan Direktur IRCI, bersama Lejap Angelomestius

Selain itu, dapat juga membangun kerja sama dengan Biarawati SSPS di Lewoleba untuk mempersiapkan Pekerja Migran Indonesia asal Lembata yang handal, memiliki kapasitas dan kompetensi yang sudah dipersiapkan di BLK milik SSPS, dan legal melalui Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) di Lewoleba sesuai amanat UU Nomor 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia yang out come-nya PMI Lembata, bisa menjadi Duta Pariwisata sekaligus Misionaris Awam ke Luar Negeri.

Baca Juga:  Must-See Travel Destinations for 2020

Dapat bekerja sama dengan Rumah Sakit Bukit dan Rumah Sakit Damian untuk dijadikan Rumah Sakit Spesialis Jantung dan Kanker sehingga Lembata menjadi destinasi Wisata Kesehatan bagi yang mau berobat sekaligus bahagia menunggu dipanggil Tuhan dalam dekapan kasih Suster-suster yang merawat mereka seperti Bunda Teresa di Calcuta.

Menggalang kolaborasi dengan Diaspora Lembata untuk bersama investasi bangun Lewotana dari Orang-orang Lembata yang tersebar di seluruh Indonesia dan Mancanegara. Karena menurutnya, Lembata  punya banyak orang yang sukses dan menjadi Tokoh Nasional di bidangnya masing-masing seperti Brigjen Pol Hyronimus Daniel Bolly Tifaona,SiK,Msi, KaroBinops Bareskrim Mabes Polri, Sulaiman Hamzah Anggota DPR RI,  Betekeneng, Ahli Pariwisata, Petrus Bala Pationa,SH,MH Advokat, Bona Beding, Penulis dan budayawan, Prof Dr Alo Liliweri, Akademisi dan masih banyak lagi orang-orang Lembata yang hebat-hebat di bidangnya masing-masing maka PLT Bupati Lembata bisa memprakarsai Gerakan Bale Lewotana bangun bersama Lembata.

Baca Juga:  Demi Advokasi Persoalan Rakyat, PAC Pospera Mollo Utara Resmi Dideklarasikan

Dalam memimpin Lembata, Gabriel menghendaki agar  Masianus juga bisa mencontohi hidup Anton Enga Tifaona yang telah memajukan Ngada (Nagekeo masih Ngada) yakni Polisi sahabat Masyarakat lewat Bolakaki dengan mendirikan PSN(Persatuan Sepakbola Ngada) sehingga Ngada sangat terkenal dalam bola kaki hingga saat ini.

Untuk diketahui, Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat, secara resmi telah melantik Marsianus Jawa sebagai Penjabat Bupati Lembata. Pelantikan tersebut berlangsung di aula El Tari Kupang, Minggu 22 Mei 2022 kemarin.

Thomas Ola Langoday sebelumnya dipilih untuk memimpin Kabupaten Lembata sepeninggalan almarhum Eliaser Yantji Sunur. (EL)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 104 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Hasil Botof FC VS Fatoin FC: Serdadu Botof Menang 3-1

5 Agustus 2022 - 02:22 WIB

Begini Pesan Pemda  NTT Kepada Para Veteran dalam Musda  ke-III LVRI Provinsi NTT  

4 Agustus 2022 - 17:11 WIB

Wujudkan Generasi Cerdas, Unggul,dan Kreatif SKO-NTT Gelar IHT. 

29 Juli 2022 - 00:27 WIB

Andalkan Tuhan, SMAT HTM Halilulik Buka Tahun Ajaran Baru 2022/2023 dengan Missa Kudus

26 Juli 2022 - 23:49 WIB

Jelang Pilkades Serentak di TTS, Pospera: Harus Jujur, Adil, dan Bermartabat

24 Juli 2022 - 12:40 WIB

Gugat Bupati Kupang, Tergugat Hadirkan Kadis PMD Sebagai Saksi

13 Juli 2022 - 03:33 WIB

Trending di Daerah