Menu

Mode Gelap
 

Daerah · 16 Mei 2022 10:03 WIB ·

Gelar Ulang Tahun Sekolah Bertepatan Dengan Upacara Hardiknas Begini Pesan Kepsek SMAN 1 Weluli.


					Gelar Ulang Tahun Sekolah Bertepatan Dengan Upacara Hardiknas Begini Pesan Kepsek SMAN 1 Weluli. Perbesar

EL-VOICE.COM-BELU, SMA Negeri 1 Weluli selenggarakan perayaan ulang tahun sekolah, Jumat 13 Mei 2022. Penyelenggaraan perayaan tersebut bertepatan dengan pelaksanaan upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS).

Menurut Kepala Sekolah SMAN 1 Weluli, Maria Fatima Berek, S. Pd, perayaan itu sengaja dibuat bersamaan dengan upacara Hardiknas 13 Mei 2022 karena ulang tahun sekolah juga bertepatan dengan peringatan Hardiknas yakni pada 2 Mei.

Dalam pantauan Media EL-Voice.com, perayaan ulang tahun sekolah tersebut diselenggarakan di SMAN 1 Weluli yang berlokasi di Desa Dirun, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu. Perayaan itu dibuka dengan upacara bendera yang kemudian diikuti dengan upacara pemotongan kue ulang tahun dan pementasan paduan suara para siswa-siswi, peserta juara 3 lomba Mars Pendidikan NTT, Kabupaten Belu.

Karena tema yang diusung oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud ristek) pada peringatan Hardiknas tahun 2022 adalah Pimpin Pemulihan Bergerak untuk Merdeka Belajar, dalam kesempatan berpidato, kepala sekolah yang bertindak sebagai pembina upacara, menjelaskan kepada peserta upacara tentang sejarah Hari Pendidikan Nasional.

Menurutnya sejarah Hari Pendidikan Nasional tidak terlepas dari sosok Kihajar Dewantara, tokoh revolusioner pendidikan Indonesia sekaligus pelopor kurikulum merdeka belajar.

Baca Juga:  RAT XII KSP CU SANYONA,Rd. John Rusae, Pr. : Disiplin adalah Sikap Utama Menuju Koperasi yang Sehat.

“Kihajar Dewantara adalah tokoh revolusioner pendidikan. Pelopor pendidikan kaum pribumi Indonesia di era Kolonial. Ia telah memberi sumbangsih yang luar biasa pada pendidikan termasuk kurikulum merdeka belajar. Merdeka menurut Kihajar Dewantara artinya: Tidak hidup terperintah, artinya seseorang bisa menentukan arah tujuannya sendiri atau dapat memerintah diri sendiri. Berdiri tegak karena kekuatan sendiri, merupakan kemandirian seseorang dalam mencapai tujuan dengan usaha sendiri. Cakap mengatur hidupnya dengan tertib, bahwa seseorang bisa terampil mengatur hidup sendiri secara tertib berdasarkan nilai dan norma masyarakat”, kata Maria

Baginya,  sejarah itu penting dan perlu untu selalu mengingat karena sejarah merupakan dasar sekaligus penentu arah dalam kemajuan dan perkembangan dunia.

Maria pada kesempatan itu juga, tidak lupa unyuk menyampaikan limpah terima kasih kepada Tuhan, juga para warga sekolah.

“ Saya berterima kasih kepada Tuhan atas berkat dan perlindungannya sehingga hari ini kita bersama-sama masih berada di tempat ini dalam suasana hati yang penuh syukur dan gembira merayakan ulang tahun lembaga kita yang ke 20. Terima kasih juga buat para guru dan pegawai, serta para siswa-siswi yang telah ikut aktif mendukung dan bekerja untuk kemajuan lembaga SMAN 1 Weluli sehingga telah banyak prestasi yang kita torehkan bersama. Ini berkat kerja sama dan kerja ulet kita semua”, kata Maria

Baca Juga:  Begini Tanggapan PERMATA terhadap Festival Leva Nuang – Lembata

Selain itu, ia juga ucapan terima kasih kepada para alumni, orang tua wali dan juga para donatur.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada para alumni, orang tua wali dan juga para donatur atas segala kontribusi dan juga uluran kasinya, baik dalam bentuk moril dan material” ungkap Maria.

Maria Fatima Berek, S.Pd, sedang menyampaikan pidato

Alumni UNWIRA Kupang itu juga berpesan kepada para Guru dan pegawai, para murid dan juga para orang tua agar terus bersemangat dalam memberi diri, berkorban demi lembaga dan juga bangsa sesuai dengan tuntutan lembaga, yakni untuk mencerdaskan bangsa di tengah ambiguitas zaman.

“Kita tahu bahwa zaman kita ditandai dengan perkembangan pada hampir segala bidang kehidupan manusia. Perkembangan tersebut tidak hanya membawa dampak yang positif saja tetapi juga negatif bagi masyarakat. Ada kecemasan tersendiri karena kita diperhadapkan pada ambiguitas nilai moral dan sosial di dalam masyarakat yang ditawarkan oleh globalisasi. Sekolah, harus memainkan peranannya! Dan untuk itu, mari kita bergandengan tangan, serta bersama-sama mewujudkan cita-cita bangsa yakni kecerdasan dan kesejahteraan bangsa”, ajak Maria.

Baca Juga:  LKTD Nagadoni Kupang, Yerim Yos Fallo: Di Organisasi, Kita Belajar untuk Membentuk Diri

Maria juga mengimbau kepada para siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP), dimana saja berada yang hendak melanjutkan pendidikannya pada Sekolah Menengah Atas dapat bergabung di lembaga SMAN 1 Weluli.

Menurut Maria, SMAN 1 Weluli, senantiasa akan menerima dengan senang hati dan bersedia, membina dan mendukung setiap anak didiknya untuk boleh mewujudkan cita-cita dan mimpi mereka.

Menutup Pidatonya, alumni Prodi Bahasa Inggris UNWIRA Kupang ini juga mengajak para guru dan pegawai serta peserta didik untuk mendoakan keselamatan jiwa bagi para guru yang pernah mengabdi dan para pelajar yang pernah mengenyam pendidikan di SMAN 1 Weluli.

“Marilah kita hening sejenak, membawakan di dalam doa kita keselamatan jiwa  Bapak Yohanes Bau Mali S.Pd, Bapak Bonafasius Mau, Bapak Longginus  Walter  Ati Mau, S.Pd, Bapak Amandus Bau Mali, S.Pd,  juga bagi keselamatan jiwa mereka yang pernah mengenyam pendidikan di lembaga ini”, ajak Maria (EL)

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 183 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Hasil Botof FC VS Fatoin FC: Serdadu Botof Menang 3-1

5 Agustus 2022 - 02:22 WIB

Begini Pesan Pemda  NTT Kepada Para Veteran dalam Musda  ke-III LVRI Provinsi NTT  

4 Agustus 2022 - 17:11 WIB

Wujudkan Generasi Cerdas, Unggul,dan Kreatif SKO-NTT Gelar IHT. 

29 Juli 2022 - 00:27 WIB

Andalkan Tuhan, SMAT HTM Halilulik Buka Tahun Ajaran Baru 2022/2023 dengan Missa Kudus

26 Juli 2022 - 23:49 WIB

Jelang Pilkades Serentak di TTS, Pospera: Harus Jujur, Adil, dan Bermartabat

24 Juli 2022 - 12:40 WIB

Gugat Bupati Kupang, Tergugat Hadirkan Kadis PMD Sebagai Saksi

13 Juli 2022 - 03:33 WIB

Trending di Daerah