Peyelenggaraan USBK di SMAT HTM, Terapkan Prokes Ketat

  • Bagikan
Kepala Sekolah SMA Terpadu HTM Halilulik, Sr. Angela Tenis, SSpS, S.Pd

EL-Voice.com. Atambua – Dengan mewabahnya  Covid-19 yang masih terus berlangsung hingga saat ini, aktivitas layanan publik telah menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Termasuk proses Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) di SMA Terpadu Hati Tersuci Maria (HTM) Halilulik.

Ditemui di ruang kerjanya Senin (28/3), Kepala SMA Terpadu HTM Halilulik,  Sr. Angela Tenis, SSpS, S.Pd mengatakan, meski tren angka kasus positif terus berkurang, pelaksanaan ujian tetap dilaksanakan sesuai dengan Protokol kesehatan dengan menerapkan 5 M.

“Ujian sekolah saat ini, kita tetap patuh dan taat terhadap imbauan pemerintah. Mulai dari pembagian dua shift pelajar, hingga menerapkan 5 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas),” kata Angela.

Baca Juga:  Who Else Wants To Know The Mystery Behind Woman?
Tetap mengenakan masker siswa-siswi SMAT HTM Halilulik mengikuti USBK

Menurut Angela, pelaksanaan USBK untuk SMAT HTM  dibuat lebih cepat yakni pada tanggal 28 Maret sampai 2 April 2022. Hal ini dilakukan berdasarkan Kesepakatan bersama Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Belu pada 9 Maret 2022.

Ada pun kesepakatan dalam MKKS Kabupaten Belu itu adalah, sekolah swasta diberikan kebijakan untuk melakukan USBK sesuai dengan peraturan yayasan terkait dari masing-masing sekolah.

Guna memperlancar pelaksanaan ujian, pihak sekolah juga telah melakukan berbagai macam persiapan.

“Sejak  sebulan sebelum USBK, kita sudah melakukan beberapa persiapan, mulai dari simulasi, mengecek kelengkapan perangkat komputer, hingga stabilitas jaringan komputer, serta menyediakan genset jika kemungkinan akan mati lampu,” tandas Angela.

Baca Juga:  Ricuh Pasca Penangkapan Lukas Enembe,Satu simpatisan Tewas Tertembak di Bandara Sentani

Selain mempersiapkan kelengkapan fasilitas penunjang,  para siswa-siswi juga disiap mentalnya.

“Selain kita  cek kelengkapan fasilitas penunjang USBK,   kesehatan dan kesigapan anak-anak juga perhatikan. Baru-baru pada tanggal 24-27 Februari 2022 kita adakan ret-ret  untuk para siswa-siswi kelas XII di Wini yang mana materinya diberikan oleh Romo. Agustinus Nesi, Pr”, tutur Angela.

 

Siswa-siswi SMAT HTM serius mendengarkan materi dari Rm. Agustinus Nesi, Pr pada saat kegiatan ret-ret

Angela  berharap,  proses USBK dapat berjalan dengan lancar tanpa ada kendala yang mungkin mengganggu jalannya USBK

Baca Juga:  Siswa SMAT HTM Harumkan Nama Belu di POPDA V NTT Tahun 2022, Kepala Sekolah Berikan Apresiasi

“Saya berharap ujian sekolah berbasis komputer ini dapat berjalan mengalir. Tidak ada kendala yang membuat kami harus duduk dan ubah sana-sini”, ujar Angela.

Diketahui pada tanggal 7sampai dengan 12 Maret 2022, para siswa-siswi telah melaksanakan ujian praktik ekstrakurikuler antara lain, praktik jurnalistik yakni menulis berita dan advokasi masalah. Praktik Karya Ilmiah Remaja (KIR) yaitu penyusunan skripsi mini dan juga praktik  kuliner, untuk penilaian praktik masak dan berwirausaha kuliner.

“Untuk aspek psikomotorik  seperti memasak,  pembelajaran perencanaan, persiapan, kerja sama tim, mengemas makanan  bernegosiasi, dan memasarkannya”, jelas Angela. (EL)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *